Pengalaman Service di Mi Authorized Service Center Malang
DokPri |
Mei 2017 aku memutuskan untuk membeli smartphone Xiaomi, yaitu Redmi Note 4 black edition 3/32 GB garansi resmi TAM. FYI, sebelumnya aku adalah pemakai iphone 4 dan Sony Xperia C3. Alasan utama ganti gadget karena kedua hp tersebut sudah uzur (tidak mumpuni untuk kebutuhanku) selain memang sudah waktunya ganti gadget.
Kenapa
gantinya Xiaomi, kan itu brand China?
Iya,
memang Xiaomi adalah brand China, memang kenapa kalau brand China? Dulu memang
brand China terkenal harga murah dan kualitasnya pun tak bisa diandalkan,
istilahnya sewa hp karena baru beberapa bulan dipakai sudah rusak dan tidak
bisa di service.
Nowdays, brand China tidak bisa
dipandang sebelah mata terutama Xiaomi, karena Xiaomi atau bisa disebut Mi (Mobile internet atau Mission impossible) bisa membuktikan
meskipun harganya murah tetapi produk mereka tidak murahan bahkan bisa dibilang
wow.
Sebelum
beli Xiaomi Redmi Note 4 tentu saja ada perasaan was-was tentang performa,
durability, aftersales dan banyak lagi, tidak bisa dipungkiri Xiaomi adalah
merk China. Tapi karena sebelum membeli smartphone
Xiaomi aku sudah menggunakan yi action cam selama 2 tahun dan Alhamdulillah
tidak terjadi apa-apa aku yakin saja membeli RedmiNote 4. Ditambah lagi ada
temen yang kebetulan dia gadget freak
mengatakan there’s no doubt for Xiaomi.
Oke akhirnya aku beli, tentunya dengan garansi resmi TAM meskipun aku belinya
bukan di Erafone. Waktu itu Erafone MOG Malang sedang kehabisan stok
RedmiNote4, kata mereka sih karena permintaan pasar sangat banyak, tak mau
indent akhirnya aku membeli RedmiNote4 di konter biasa didepan McD UB.
Aku
membelinya dengan harga Rp 2.400.000 (gratis plastic case bening, screen
guard), harga yang ditawarkan konter tersebut sama sih dengan harga
Erafone, malah lebih murah karena di Erafone 2.4 jt cuma dapat unit saja.
Dengan harga segitu, aku sudah mendapatkan sebuah smartphone dengan RAM 3 GB dengan internal cukup lega yaitu 32 GB
menurut aku worth it sih.
Seiring
berjalannya waktu, tentu aku puas dong dengan performa RedmiNote 4, multitasking cepet, kamera bagus dan
yang paling aku suka baterainya gede yaitu 4100 mAh. Aku jadi over proud sama brand Xiaomi dan dengan suka rela mempromosikan
Xiaomi ke temen-temenku, bahkan dengan bangga aku memproklamatirkan diriku
sendiri dengan mi fans (meskipun gak pernah ikut gathering mi fans, cuma ngaku mi fans saja).
Namun
tak ada gading yang tak retak, mungkin ini juga “sentilan” supaya aku tidak
terlalu membanggakan sesuatu, hari Rabu, 17-1-2018 tiba-tiba RedmiNote 4 ku
mati ketika aku gunakan bermain instagram, ya cuma bermain instagram lho bukan
game berat atau apa. Tiba-tiba mati dan ketika dihidupkan cuma ada tulisan Mi
lalu mati lagi, ketika di charge bisa sih tetapi layar tetap mati.
DokPri |
Oke,
aku inget tagline iklan shampoo
“Pakai kepala dingin”, akhirnya aku buka laptop dan googling, tanya ke forum
mifans tapi jawabannya nihil. Akhirnya aku cari service center Xiaomi di Kota
Malang, ada beberapa opsi sih yaitu Unicom dan Mi Exclusive Center. Unicom
memang punya rekam jejak bagus dalam hal service, tetapi karena ada Mi
Exclusive kenapa harus ke Unicom.
Kamis,
18-1-2018 aku ke Mi Exclusive Malang. Sempat was-was, takut kalau tidak bisa
klaim garansi karena aku beli hp bukan di Erafone, meskipun konternya bilang
ini resmi TAM. Kegelisahanku tentu sangat beralasan, selain tidak ada sticker TAM juga tidak ada kartu
garansi. Tetapi meskipun tanpa sticker TAM dan kartu garansi, aku bisa klaim
garansi di Mi Exclusive Center, jaman now tinggal cek dari imei.
FYI,
aku beli beberapa hp bahkan iphone juga tidak pernah ada kartu garansi tetapi
aku tidak pernah mempermasalahkan atau tanya lebih lanjut karena aku selalu
berprasangka baik kalau sampai waktu garansi habis, hp yg aku beli akan
baik-baik saja dan nyatanya memang begitu kecuali kasus Xiaomi ini ya. But, I will say thank you so much to Xiaomi
karena kalau tanpa ada trouble seperti ini aku gak akan pernah
belajar pentingnya garansi resmi, selalu ada pelajaran yang diambil dari setiap
kejadian.
Waktu
itu Mi Exclusive Service Center Malang baru saja buka, Januari 2018 mereka baru
saja beroperasi di Malang, jumlah karyawannya masih 2 orang karena masih proses
recruitment , tetapi meskipun
karyawannya Cuma 2 orang, kerjanya cepat dan sangat ramah, saya puas dengan
keramahan mereka. Saya diberi opsi untuk menunggu hp di service atau pulang dulu, tentu aku menunggu pulang dulu karena
masih jam kantor. Aku pikir service
nya akan memakan waktu lama dan ternyata tidak, 2 jam setelah aku menaruh hp di
Mi Exclusive aku di telepon untuk mengambil hpku yang sudah normal seperti
semula, Alhamdulillah.
Kamu
harus tau, kalau aku itu orangnya introvert
tapi sering ngomong (baca cerewet)
terutama untuk hal-hal yang benar-benar aku pengen tau dan aku rasa itu baik.
Aku tanya penyebab hpku kenapa bisa trouble,
katanya kegagalan sistem dan hardware baik-baik saja. Lalu aku mengejar
dengan pertanyaan “jadi MiUi 9 gak stabil dong mas, kemarin aku barusan update
dan jadi lah hpku seperti ini” dengan sabar mas nya menjawab “kegagalan sistem
bisa dari internal maupun eksternal mbak, nah untuk kasus hp mbak nya ini perlu
dipelajari lebih lanjut lagi” karena aku merasa sudah cukup mendapat informasi,
‘interogasi’ aku cukupkan.
Bagi
yang punya hp Xiaomi, jangan pernah lupa password
akun mi nya. Nanti ribet, kayak aku, haha. Karena yang bisa buka password
akun mi hanya mi pusat, yang mana itu butuh waktu agak lama
(berjam-jam).
Overall, aku puas dengan
aftersales Xiaomi dan jika membeli hp lagi insyallah aku akan beli Xiaomi lagi,
there is no doubt for Xiaomi. Menurut
aku, Xiaomi adalah salah satu brand yang sukses membawa citra baik bagi ponsel
merk China.
Ada
yang setuju atau tidak setuju? Punya pengalaman lain? Silahkan komen.
oke banget gan
ReplyDeletepower supply hp
MiFans, mari mengenal lebih dekat tentang authorized service center mi store
ReplyDeleteIni Bedanya Authorized vs Exclusive Service Center Mi Store
Setuju. .aku juga mi fans
ReplyDeleteAku pake redmi 5 plus setahun lebih ga ada kendala apa apa.. , error pun tidak mantap xiaomi
ReplyDeleteSekarang ganti redmi note 7..mantapppp
ReplyDeleteHasilnya bagaimana setelah d tune up di sna?
ReplyDeleteSy juga pemakai Reno 4 sama percis, jarang alami permasalahan seperti itu, sejak launch sampai hari ini, walau bocel2, tp yg pntg fungsinya masih berjalan baik.