Perubahan Nama IWAKI PYREX menjadi IWAKI




Surat Pergantian Nama Iwaki - Iwaki glass Indonesia
“Mbak, aku mecahin beaker glass merk Iwaki Pyrex, aslab suruh ganti dengan spek sama (ukuran dan merk) tapi ini aku udah muter-muter tetep gak ketemu merk Iwaki Pyrex, adanya Iwaki, gimana dong?” 

“Penjualnya selalu bilang kalau Iwaki Pyrex itu sama dengan Iwaki, ada suratnya juga dari Iwaki tapi aslab gak mau tau, pokoknya mecahin Iwaki Pyrex gantinya ya harus Iwaki Pyrex” 

Emmm…..

Sebenarnya capek untuk menjelaskan pergantian nama ini karena pergantian nama sudah terjadi sejak 2013 dan sekarang sudah 2017, jadi kejadian itu sudah 4 tahun lalu dan masih banyak pula orang yang bekerja di laboratorium tapi gak tau akan hal itu. Daripada harus berulangkali menjelaskan, mungkin dengan ditulis di Blog akan lebih banyak orang yang bekerja di lingkup laboratorium menjadi tau.

Aku heran dengan laboran yang kekeuh “mecahin iwaki pyrex tidak boleh diganti iwaki”, apa mereka para laboran tidak pernah belanja alat laboratorium dalam kurun waktu 1 tahun sampai mereka begitu kurang update nya? 

Untuk mahasiswa terutama yang maba dan praktikum di laboratoriumnya sangat jarang, aku masih bisa toleran kalau mereka tidak update soal pergantian nama ini. Tapi untuk mahasiswa (yang apalagi dari Teknik Kimia), sudah semester akhir tapi belum tau pergantian nama iwaki pyrex menjadi iwaki, mungkin mereka tipikal mahasiswa yang sangat hati-hati ketika praktikum sehingga nyaris tidak pernah mecahin barang dan atau mereka mengganti barang tetapi sekalian ketika mau lulus (tidak per semester ganti). 

Karena pergantian nama sudah sejak 4 tahun lalu, tapi ketika kamu beli di toko laboratorium kamu masih dijualin “iwaki pyrex” kemungkinan itu stok lama yang belum laku atau itu dibuat tukang gelas. Pada kenyataannya, udah jarang banget (bahkan hampir gak ada) stok lama iwaki pyrex dipasaran (sejauh yang aku tahu). 

Kalau aku jadi laboran, mungkin tidak akan mempersulit hal tersebut. You know what, seorang mahasiswa yang memecahkan alat lab mereka sudah effort untuk mengganti barang tersebut, sesuai spek. Mereka sudah menabung, cari barang sampai luar kota (online) karena seperti yang kalian tau alat laboratorium itu harganya tidak murah bahkan untuk barang sepele macam kuvet itu harganya bisa seharga xiaomi redmi note 4 (21-11-2017), belum lagi kadang barang tersebut harus indent lama karena item import. Sudah sepantasnya kalau laboran bisa paham kalau “iwaki pyrex berganti nama menjadi iwaki” dan tidak mempermasalahkan hal tersebut, cukup bagi mahasiswa teknik kimia dipusingkan dengan pretest dan laporan praktikum. 

Semoga bermanfaat dan tercerahkan :)




No comments:

Post a Comment