Main Ke Kebun Teh Sirah Kencong



Kebun teh Sirah kencong - DokPri

“Aku mau ke Bandung , mau wisata ke kebun teh” 
Lah, ngapain? Wong di Blitar aja ada kok kebun teh.
==
Suasana dingin, foto-foto cantik, minum teh sambil senyum-senyum begitulah harapanku ketika hendak ke kebun teh Sirah Kencong yang berlokasi di Desa Ngadirenggo, Wlingi, Blitar, Jawa Timur. Kalau menurut google maps sih jaraknya sekitar 40 KM dari rumahku. 

DokPri
Untuk mengantisipasi susah sinyal, aku menyimpan rute secara offline. 


Menurut salah satu teman yang rumahnya di daerah Gandusari, jalur Semen adalah jalur terdekat untuk menuju ke kebun teh Sirah Kencong, oke deh kita mengikuti saran dia. Tetapi karena ditengah perjalanan (sudah sampai Gandusari) kita bingung, kita memutuskan untuk bertanya ke GPS (Gunakan Penduduk Sekitar), setelah mengutarakan maksud kami dan bapak-bapak tadi melihat dua orang perempuan naik motor hendak ke kebun teh melalui jalur semen, bapak itu menyarankan kami lebih baik lewat jalur kawedanan Wlingi ke utara karena lebih mulus jalannya dan cocok untuk wanita, akhirnya kami mengikuti saran bapak tadi. 


Masih menurut bapak tadi, jalur Semen itu memang lebih dekat ke Kebun Teh Sirah Kencong apabila kita dari Blitar barat tetapi jalannya rusak akibat sering dilewati truck pembawa pasir, selain lumayan sepi juga. Kalau cari aman dan nyaman, si bapak menyarankan lewat jalur Kawedanan Wlingi ke utara melewati sawah terasiring yang bagus (sayang gak sempat foto), Desa Tegalasri kemudian ada pertigaan belok kiri lalu mengikuti plang saja nanti sampai di Perkebunan Teh Sirah Kencong.


Jalur Tegalsari ini memang mulus jalannya, semakin naik udara dingin khas pegunungan mulai terasa apalagi ketika sudah sampai di hutan pinus. Jalan terjal mulai terasa ketika sudah mendekati pabrik susu Greenfield, kebetulan ketika aku kesana sedang musim hujan dan sedang ada perbaikan jalan. Mungkin ketika jalannya sudah benar-benar jadi, mobil ber-groud clearance rendah bisa sampai ke kebun teh Sirah Kencong, semoga secepatnya jadi yaa.

Jalan terjal menuju kebun teh sirah kencong - DokPri
Nah, karena waktu aku kesana sedang musim hujan dan jalannya sedang diperbaiki, beberapa kali aku harus loncat dari motor karena motor tidak kuat nanjak akibat selip dan jalannya yang masih berupa tanah (makadam) memaksaku harus turun dari motor dan olahraga, sesampainya di kebun teh keringat bercucuran dan harapan bisa foto-foto cantik musnah sudah (akibat make up luntur karena keringat, haha). 


Ketika memasuki kebun teh Sirah Kencong kita akan ditarik retribusi parkir Rp 5.000/orang (kalau tidak salah ya, lupa foto karcisnya), kita bisa parkir motor di dekat villa dan gazebo : 
Parkiran motor dekat gazebo - DokPri

Lalu kalau mau foto-foto cantik dengan background kebun teh kita harus tracking sebentar, lokasi perkebunannya cukup luas jadi kalian bisa foto-foto dengan leluasa. Didekat parkiran motor, ada penjual Ken Tea yang merupakan teh asli produksi perkebun teh Sirah Kencong.
Kalau kalian lapar dan ingin makan makanan berat, kalian bisa melipir ke arah air terjun (gak tau namanya, hehe) disana ada beberapa warung yang menjual mie rebus, soto, nasi pecel dll, untuk menuju kesana kalian akan melewati sungai kecil yang airnya bening banget, jalannya becek dan licin jika musim hujan, hati-hati yaa. 

View depan warung makan di sirah kencong - DokPri 

 
Warung makan di sirah kencong - DokPri
Kami pernah bertemu dengan bapak-bapak penduduk sekitar yang menyarankan maks jam 13.00 WIB harus segera turun dari Sirah Kencong apabila tidak ingin kehujanan dan kesusahan turun karena jalannya yang makin becek, masih menurut beliau diatas jam 13.00 WIB Sirah Kencong berpotensi hujan tiba-tiba terutama di saat musim penghujan.

Kebun teh sirah kencong - DokPri 
 
Kebun teh sirah kencong - DokPri
==
Fun fact :
.Sirah kencong sering dijadikan lokasi prewedd
.Ada helipad disana (Punya Greenfield)
.Pabrik susunya besar banget
.Ada spot wisata baru yang deket banget sama Sirah kencong namanya Bukit kejora
  

No comments:

Post a Comment