Mulai Dulu Aja

credit to bone.go.id



“ngeblog nya nanti aja kalau udah bisa photoshop jadi tampilan blog nya bisa artsy

“gak jago editing, malu mau ngeblog”

“tulisan masih ecek-ecek, gak pantes punya blog”

“paling kalau aku punya blog juga gak bakalan ada yg baca”

“aku gak pinter nulis yang ada nanti diketawain”

“suka sih ngeblog tapi bingung mau nulis apaan”

“aah gak pinter masalah pemrogaman”

“suka nulis sih tapi gak bisa maenan blog”

Dan masih banyak lagi alasan yang membuat kita gak take action.

Aku pernah di fase itu tapi kemudian tersadar “kenapa sih gak mulai dulu aja, kenapa kita terlalu banyak alasan, kenapa kita underestimate pada diri sendiri”. As you know, blog ku sangat sangat sederhana dari semua aspek mulai dari design, tulisan dan pembahasan tapi kenapa aku tetep pede ngeblog? Aku percaya kesempurnaan itu mustahil tetapi untuk menuju sempurna itu bisa diusahakan, usahanya ya harus coba terus dan terus, harus mulai dulu aja.

Kalau mau flashback, gaya tulisanku dari awal ngeblog (yang serius) pasti udah berkembang, udah konsisten juga dengan target 1 tulisan tiap minggu. Jelek dulu gak apa-apa, nanti juga bagus. Untuk menjadi bagus (dalam hal ngeblog) selain bakat kan ada faktor latihan, latihannya ya nulis terus dan terus. Btw, yang bilang tulisanku berkembang siapa? Ya penilaianku sendiri sih, narsis!

Motivasi ku awal ngeblog supaya punya buku catatan digital dan “legacy”. Kata peribahasa gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Gak ada niat buat adsense bahkan gak tau apa itu adsense sebelumnya tapi seiring berjalannya waktu, blog walking jadi tau deh dan Alhamdulillah blog ini sudah adsense approval. Uang itu bonus ya kawan dan biar lebih semangat nulisnya. Dan satu pembuktian juga kan, dari yang gak ngerti apa-apa asal mulai dulu aja dan mau belajar jadi paham J

Kalau kalian kira buat ngeblog harus punya device yang waah, I tell you kalau aku cuma pakai laptop jadul dan kamera hp untuk dokumentasi. Device itu nomor kesekian, yang penting niat, mulai dulu aja dan konsisten.

Sebelum aku nulis, biasanya aku bikin draft poin – poin apa yang mau aku share tapi itu agak jarang sih, biasanya nulis ngalir gitu aja. Seringnya aku baca artikel yang relate dengan apa yang mau aku tulis, bukan untuk plagiat tapi lebih cari referensi tambahan informasi sekaligus cek ke-validtan info dan mengembangkan hobi baca juga, hehe.
Pernah gak sih kalian googling, misal “harga menu di café x” dan menemukan blog atau artikel yang sangat membantu. Pastinya sering dong. Nah aku pengen juga begitu, apa yang aku tulis bisa membantu bagi yang sedang mencari referensi info, membantu dapat pahala kan? J

Ngomong-ngomong soal kekurangan dalam blogku, banyak bangeettt lah ya kalau mau disebutin satu per satu mungkin bisa jadi banyak halaman tapi justru itu yang membuat aku termotivasi dengan terus belajar untuk memperbaiki. Contoh sederhananya, supaya caption difoto yang di highlight gak bertuliskan “xnnxneded” itu sedang on process aku perbaiki. Terkadang keterbatasan waktu atau mungkin males ya, untuk memperbaiki dan upgrade pengetahuan teknis menganai blog itu sangat susah dilakukan.

Sekian dulu “my thought”. Semoga kalian termotivasi untuk terus dan tetap menulis, berbagi informasi dan pemikiran positif.

Malang, 17 Agustus 2018
Caraku merayakan dan memaknai kemerdekaan dengan terus menulis dan gak banyak cari alasan ketidakmampuan serta kemalasan, mulai dulu aja!

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete